Wednesday, August 18, 2010

Suka Duka KKN-PPL Saya Di SMP Negeri 2 Pakem Tahun 2010

Saya Sebagai seorang ketua KKN-PPL di SMP negeri 2 Pakem, merasa terbebani sebagai ketua, ini terlepas dari tidak pernahnya saya menjadi anggota di dalam pengurusan selama saya sekolah.
KKN-PPL merupakan kegiatan yang rutin yang di laksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta, untuk mahasiswa yang akan mendapatkan pengalaman lapangan.
Saya terpilih sebagai ketua kelompok merupakan hanya kebetulan saja karena saya sebenarnya menolak hal itu, namaun harus bagaimana lagi dan saya harus memimpin teman-teman saya yang KKN-PPL di SMP N 2 Pakem sebanyak 10 Mahasiswa.

Kami di terjunkan di SMP N 2 Pakem pada tanggal 1 Juli 2010 yang pada bulan Febuari dari tanggal 8 sampai tanggal 15 mealakukan survai di sekolah, oleh dosen Pembimbing lapangan Mawanti Widyastuti, mungkin hanya kebetulan saja atau entah kenapa, dosen ini merupakan dosen saya juga di kampus karena selain DPPL KKN dia juga DPL PPL, jadi membuat saya lebih mudah berkomunikasi dengan beliau.

Sebenarnya untuk melakukan KKN-PPL ini saya merasa keberatan namun apa boleh buat karena ini kewajiban sebagai Mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman di lapangan dan menerapkan ilmu yang pernah di dapatkan di bangku perkuliahan.
Dalam hal penyelesaian program KKN hambatan jelas saja ada namun itu dapat terselesaikan dengan baik, program kami yang tidak berjalan dengan baik yakni tamanisasi karena, sebenarnya kami ingin membersihkan lingkungan sekolah saja namun dari anggota KKN memiliki hal lain begitu juga dengan pihak sekolah.

Untuk pengalaman mengajar, tentunya saya juga masih perlu belajar yang banyak karena ini merupakan tahap belajar, dan dapat dijadikan pengalaman kedepannya dan gambaran di depanya jika menjadi guru nanti.
kritikan dan hambatan dari gurunya jelas tetap ada namanya juga masih belajar perlu bimbingan dan pembenahan dalam menyampaikan materi, menurut saya segala teori yang ada untuk pertamakalinya memang susah untuk menerapkannya namun saya akan menerapkannya jika saya menjadi guru nanti.

Kami yang ikut KKN-PPL di SMP N 2 Pakem terdiri dari 6 jurusan yang berbeda-beda yang sebelumnya belum mengenal sama sekali antara satu dan yang lainnya kecuali dari jurusan pendidikan IPA.

Hari ini tanggal 18 Agustus dan tidak lama lagi kami akan di tari dari sekolah kira-kira tinggal 2 minggu lagi, dan laporan harus jadi 1 minggu sebelum penarikan dari sekolah.
Mudah-mudahan saya mendapatkan nilai yang tinggi dari dua mata Kuliah ini yakni KKN dan PPL, namun saya merasa takut dengan guru pembimbing saya dan takutnya saya nantinya di berikan nilai rendah oleh Beliau namun saya berdoa semoga mendapatkan nilai yang tinggi-tinggi dari 2 mata kuliah tersebut dan berharap KKN-PPL ini dapat berlalu.

No comments:

Post a Comment